Rabu, 04 November 2009

yang sangat strategis dalam pembangunan komunitas di Internet Indonesia.

Di tahun 1994-an mulai beroperasi IndoNet yang dipimpin oleh Sanjaya. IndoNet merupakan ISP komersial pertama Indonesia pada waktu itu pihak POSTEL belum mengetahui tentang celah-celah bisnis Internet & masih sedikit sekali pengguna Internet di Indonesia. Seingat saya sambungan awal ke Internet dilakukan menggunakan dial-up oleh IndoNet, sebuah langkah yang cukup nekad barangkali. Lokasi IndoNet masih di daerah Rawamangun di kompleks dosen UI kebetulan ayah Sanjaya adalah dosen UI. Seperti kita ketahui bahwa perkembangan usaha bisnis Internet di Indonesia semakin marak dengan 60-an ISP yang memperoleh lisensi dari pemerintah. Asosiasi ISP (APJII) terbentuk di motori oleh Sanjaya cs di tahun 1998-an. Effisiensi sambungan antar ISP terus dilakukan dengan membangun beberapa Internet Exchange (IX) di Indosat, Telkom, APJII (IIX) & beberapa ISP lainnya yang saling exchange. APJII bahkan mulai melakukan manouver untuk memperbesar pangsa pasar Internet di Indonesia dengan melakukan program SMU2000 yang kemudian berkembang menjadi Sekolah2000.

Perkembangan terakhir yang perlu diperhitungkan adalah trend ke arah e-commerce dan warung internet yang satu & lainnya saling menunjang membuahkan masyarakat Indonesia yang lebih solid di dunia informasi. Rekan-rekan e-commerce membangun komunitasnya di beberapa mailing list utama seperti warta-e-commerce@egroups.com, mastel-e-commerce@egroups.com, e-commerce@itb.ac.id & i2bc@egroups.com. Sedangkan rekan-rekan penyelenggara WARNET banyak berkumpul di asosiasi-warnet@egroups.com, pada tanggal 25 Mei 2000 merupakan hari bersejarah bagi rekan-rekan WARNET – karena telah lahir asosiasi warnet yang ada secara fisik dalam pertemuan di kantor DIKMENJUR. Ketua Asosiasi Warnet adalah rekan Rudy Rusdiah, Bendahara rekan Adlinsyah dan Sekretaris Abdullah Koro. WARNET di Indonesia akan disediakan domain war.net.id.

Demikian kilasan sejarah Internet di Indonesia, kami sadar bahwa perjuangan kami masih panjang. Masih banyak hal yang perlu diperjuangkan terus agar dapat menggerakan bangsa Indonesia menuju knowledge based society.

BROWSING

Sebelum mengetahui pengertian browsing, kita perlu tahu terlebih dahulu pengertian web atau homepage. Web adalah kumpulan dokumen yang bisa diakses baik secara remote ataupun lokal yang bisa diakses oleh semua orang dengan menggunakan software yang bernama web browser. Browsing adalah proses mengakses konten web dengan menggunakan web browser.
Web browser yang bisa kita gunakan bermacam-macam. Yang paling terkenal adalah Internet Explorer keluaran Microsoft. Selain itu, ada juga Mozilla, Netscape, Opera, dan lain sebagainya.
Berikut ini perbandingan beberapa web browser yang bekerja pada system operasi Microsoft Windows yang dirangkum dari http://hotwired.lycos.com/webmonkey/reference/browser_chart/


agar browser kita bisa mengakses internet, kita harus melakukan setting proxy. Untuk Internet Explorer, cara melakukan setting proxy adalah sebagai berikut :
klik Tool | Internet Options. Apabila muncul tampilan window baru, klik Connection, kemudian click LAN Setting. Ketika muncul window

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger

apakah anda suka dengan blog lirik ini?

Daftar Blog Saya